Friday, January 11, 2013

Cara Menambah Followers dengan Elegan

Jumlah followers menjadi hal yang tabu tapi sering banget diperbincangkan. Diakui atau ngga, setiap orang peduli banget sama jumlah followersnya. Boong banget dah kalo ada yang bilang gak peduli. Apa? Kamu beneran ga peduli? Ah bohong ah. Jujur aja deh. Coba Tanya hati kamu yang paling dalam. Peduli kan? Iya kan? Kan? #teteeeepp #maksa 

Hal mengenai jumlah per-followers-an ini bahkan sering menjadi dilema dalam diri seseorang. “Kalo gak suka ya tinggal klik unfollow aja sik, gampang!” Padahal dia deg-degan beneran diunfollow. Kemudian dia segera ngecek beneran followersnya berkurang apa ngga. Ternyata beneran diunfollow. Dia sedih, dia terpuruk, dia makan banyak dan dia nonton infotainment. Gak nyambung? Biarin. 

Bagi ABG jaman sekarang (*setelah masa Mesolithikum), jumlah followers berbanding lurus dengan harga diri mereka. Semakin banyak followers, semakin banggalah mereka. Ada yang menambah followers dengan jadi preman folbek, ngefollow akun-entah-siapa-serahdeh-gue-kenal-apa-kagak, kemudian mention doi minta folbek. Kalo ga difolbek dalam kurun waktu tertentu, unfollow. "Males banget gue follow, lu ga folbek," begitu prinsipnya. ABG-ABG ini ternyata prinsipil loh, jangan salah.

Ada juga yang menambah followers dengan follow akun-akun penambah followers yang sungguh saya gak ngerti cara kerjanya. Temen saya ada yang pernah gitu. Dia follow akun apaa gitu yang gain more followers itu, terus dia suka nge-flood dengan autotweet dari mulai bahasa manusia sampe bahasa planet asing yang juga sungguh, saya ga ngerti. Saya pikir aplikasi atau apapaun namanya yang semacam ini tuh ga bener-bener bisa nambah followers. Eh ternyata beneran nambah loh. Dengan dia yang selalu membanjiri timeline dengan autotweet yang ajaib itu, aku jadi penasaran dan jadi ikut mengamati. Setiap harinya, followersnya doi nambah secara drastis. Dari orang bule, negro, India, metropolis abis deh. Dan anehnya, berbanding terbalik sama following listnya dia yang semakin lama jadi semakin berkurang. Sampe akhirnya followernya 10ribuan, terus dia bilang akunnya dijual. Wow. Jadi duit. Entah siapa lah itu yang beli.

Selain nodong folbek, ikutan aplikasi penambah followers instant, yang lebih freak lagi, ada yang bikin akun twitter sendiri dan memfollow dirinya sendiri. Saya speechless.

Dari beberapa kasus itu, sebenernya apa sih yang bikin jumlah followers jadi begitu penting buat seseorang? **Setelah melakukan penelitian bertahun-tahun dengan pengumpulan data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan**, saya dapat kesimpulan kalo pada dasarnya manusia itu ingin didengarkan. Apalagi cewek. MEREKA ga butuh solusi, didengarkan aja udah cukup. Padahal kan ya kalo banyak followersnya tapi ga kenal dan bahasanya ga sama ya sama aja boong. Atau banyak followers tapi sebenernya kita dimute. Entahlah..

Pada postingan kali ini, sesuai judul, saya mau ngasih tips buat bikin Rainbow Cake nambah followers secara elegan. Entahlah apa yang bikin saya kredibel untuk ngasih tips. Followers saya gak banyak, dan membaca saja saya sulit. Ya udahlah ya, percaya aja. Bintang saya udah dua. Kalo nambah downline lagi pangkat saya naik. Oke, ini dia tipsnya. Mana? Ini. Kali ini beneran. INI DIA! Triiiiinggg..

  1. Sering-seringlah mention selebtweet. Ya mentionnya juga rada penting dikit lah. Jangan cuma'LOL' atau 'HAHAHA' atau 'fallback akuh dong!' atau 'Kaq, aku ngEfens bEud Cma Qaqa. NikAhi Aku Kaaak!'. Boro-boro dilirik, diblock iyah. Pffftttt.. Yang gatau, ***Selebtweet adalah sebutan buat orang yang populer di Twitter. Biasanya followersnya banyak (ribuan, puluhanribu, ratusanribu, jutaan) yang pastinya gak pake aplikasi ajaib kayak di atas.
  2. Bikin tweet kita punya kelebihan. Jangan berat badan doang yang berlebih. Entah itu tweet yang nambah pengetahuan, lucu, update, informatif dan sebagainya. Pokoknya ada nilainya buat difollow.
  3. Janganlah jadi RTabuser. Temen sendiri, kalo tiap hari dibanjirin sama RTan ngobrol juga males kali! Gunakanlah RT seperlunya, kalo bales pake Reply aja. Di kamus kan Reply artinya membalas. Kalo ga salah sih gitu.
  4. Rajin-rajinlah ngeksis di berbagai komunitas. Nambah temen, nambah followers dong! Hehehe.
  5. Saya belum tau tipsnya apa lagi, soalnya followers saya juga belum banyak-banyak amat. Ntar kalo udah banyak saya kasih tau tipsnya deh. #lah #okelahDek #sukasukaludah!
saya kasih tips ini bukan berarti saya udah melakukan semuanya. Ini sih cuma berbagi aja hasil pengamatan saya sebagai nyonya twitter yang baik hati. Saya sih gak obsesi-obsesi banget sama jumlah followers. Tapi saya peduli sama siapa yang saya follow, yang follow saya, bahkan yang unfollow dan mute saya.

Sekian postingan penting-ga-penting dari saya. Semoga bermanfaat, setidaknya buat mengisi waktu luang anda yang berharga yang berharap menambah pengetahuan hari ini dan ternyata ngga. Ya bersyukur aja sik! Ga bersyukur amat jadi orang! (Lah jadi marah-marah)

#kabursebelumdigebukin

*Ini ngaco
**Ini bohong
***Ini ngarang

No comments: