Thursday, December 13, 2012

How They Affected Me


Percaya nggak, kurang dari dua tahun yang lalu, aku anti banget sama yang namanya lagu rohani. Bukan anti gimana-gimana sih, cuma kalau masukin lagu gereja ke dalam Hape itu rasanya hal yang ga mungkin. Buat saya, dulu, lagu rohani itu hanya lagu yang dinyanyikan saat hari Sabat, saat lagu-lagu dunia gak boleh dimainkan. Dan sekarang, aku merasa sangat nista pernah bilang begitu.

Aku bukan habis denger seminar yang nyentuh banget atau apapun, hanya sebuah kesadaran kecil. Bermula dari suka nginep di tempat temen yang gak mau mendengar lagu sekular sebelum renungan pagi, kemudian berteman dengan orang-orang yang suka memperdengarkan lagu rohani dan tanpa sengaja masuk ke folderku, aku dengar, dan.. terjadi begitu saja. Aku suka. Bukan soal lagunya, tapi gimana aku merasa damai mendengar lagu-lagu itu. Ah, terdengar lebay mungkin, tapi begitulah kenyataannya. Kalau ngerjain sesuatu, yang aku mainkan sekarang bukan lagi lagu Green Day, Paramore, atau lagu-lagu dari band kesukaanku yang lain. Aku sekarang punya koleksi lagu rohani yang bahkan aku gak pernah bayangkan aku mau menyimpannya dan membuat memory laptopku tersita. Keajaiban sih menurutku.

Dan dengan kebiasaan yang masih terbilang baru ini, bukan deklarasi bahwa aku sekarang adalah aku yang rohaniawan, atau semacamnya. Itu harapanku. Aku hanya bersyukur atas orang-orang yang Tuhan kirim ke hidup aku dan memberi pengaruh yang lebih baik. Walau hanya sekedar kebiasaan mendengarkan musik. :)


No comments: