Sunday, December 16, 2012

Cara Berpakaian

"Gereja ini mah rempong. Kalau rok pendek dikit langsung diomongin."
"Padahal kan yang penting hati."
"Iya. Daripada dia, ke gereja dandannya lebay."
"Iya, anaknya kerjaannya main HP mulu lagi di gereja."
#ppfftt Perbincangan yang sering saya temukan. Yang satu merasa terganggu dengan yang satu dan akhirnya mencari-cari ketidaksempurnaan di yang lain. Sadarkah kita, semuanya memang harus dibenahi? Ga ada satu hal yang lebih penting dari yang lainnya. Menyembah Tuhan kan ga cuma soal hati. Kalau tau cara berpakaian itu salah, kenapa gak benerin aja?

Soal pakaian ini memang sudah sering jadi perbincangan di gereja. Dan tentunya ini selalu berbenturan sama kaum wanita. Iya lah, pria pakaiannya macam-macam segimana sih. Kalau cewek, astaga jenisnya aja minta ampun. Kalau pria, palingan ada kemeja, t-shirt, jas. Kalau wanita, kemeja, bolero, cardigan, blazer, halterneck, tank top, kemben, dan sebagainya, dan sebagainya. Ribet yah.

Soal rok pendek, kalau saya pribadi sih emang gak nyaman pake rok pendek. Selain duduk gak nyaman, bergerak juga gak nyaman. Apalagi ditambah high heels. Pffft banget. Itu kerugian buat diri sendiri. Buat orang lain, bisa gak nyaman juga, terutama kaum pria. 

Emang bener juga, perbaktian itu masalah hati. Tapi kalau kita tau dengan berpakaian seperti itu kita jadi batu sandungan buat orang lain, atau membuat kita juga tidak dapat bergerak leluasa (misalnya koord SS yang harus bolak-balik dengan gesit), kita tentu bisa memilah mana yang lebih baik mana yang tidak.

Kalau ada yang menegur cara berpakaian kita, bersyukurlah orang itu peduli, supaya kita gak jadi bahan gunjingan di belakang. Sekali lagi, ini bukan soal ini tidak lebih penting dari yang lain. Ini penting, yang lain juga. Ketepatan waktu ke gereja, kekhusyukan di gereja, hati ingin melayani, kerendahan hati, semuanya sama-sama penting.

Dengan adanya tulisan ini, lagi-lagi, saya yakin banyak yang merasa tersinggung. Yah, ngasih tau yang bener itu memang gak selalu diterima. Mari sama-sama membenahi kekurangan di diri kita! :)

No comments: