Wednesday, July 18, 2012

PANers goes to First Indonesian Camporee 2012


-- kalo bahasanya asa formal banget, maklum sebenernya ini laporan buat buletin gereja. Males nulis ulang. :)

Baliho di depan airport Tjilik Riwut yang ada foto KAMI! *bangga

Setelah melakukan pencarian dana sejak bulan Maret, Senin, 25 Juni kemarin 16 orang utusan dari Pathfinders dan Master Guides akhirnya berangkat dari Bandung menuju Jakarta dan terbang menuju Palangka Raya untuk mengikuti Pathfinder Camporee se-Indonesia yang diadakan di Bumi Perkemahan Nyaru Menteng, Palangka Raya. Rombongan berkumpul di Batununggal pukul 02.30 dini hari dan menaiki bis menuju Bandara. Keberangkatan dibagi menjadi 2 penerbangan, yaitu 11 orang terbang pukul 08.00 dan 5 orang lagi pukul 11.00. Asumsi awalnya, rombongan akan tiba pukul 5.30 atau paling tidak 06.00 sehingga dengan tenang bisa melakukan check in. Namun ternyata di luar dugaan, perjalanan Bandung-Jakarta sangat sangat macet. Kami sempat panik takut ketinggalan pesawat dan para orangtua yang tahu tentang keterlambatan ini sudah sibuk menelepon kami. Setelah berdoa dalam hati masing-masing, Puji Tuhan pihak Penerbangan mau menunggu. Pukul 7.45 kami baru menginjakkan kaki di Terminal B dan 11 orang tersebut dapat berangkat tepat waktu. Selanjutnya 5 orang sisanya menyusul dan pukul 14.00 kami sudah berkumpul di lokasi Perkemahan.

di depan tenda raksasa

Begitu sampai lokasi, kami dikejutkan dengan tenda yang sudah disiapkan untuk kami oleh bapak-bapak tentara yang diutus oleh salah satu anggota jemaat, yaitu Om Dedi Iswanto. (Terima kasih banyak, Om! Tendanya oke banget! Hehehe). Tendanya superbesarrr dan sudah siap dihuni. Dan kami masih punya waktu luang sampai besoknya baru diadakan upacara pembukaan.


setelah makan malam

sebelum angkat kaki ke Museum


selamat makan!
Ternyata peserta acara ini mencapai 3500 orang, dengan peserta terbanyak adalah dari Kontingen Papua yaitu leboh dari 700 orang. Kontingen Jawa Barat sendiri mengutus sebanyak 162 orang peserta. Hari pertama diisi dengan Parade dari semua kontingen, dihadiri oleh Wakil Gubernur Palangka Raya. Ada juga Drum Band dan tarian dari Papua.

Mojang jeung Jajaka Jabar



Hari kedua, diisi dengan mengikuti kelas kepahaman. Kedua kelompok dari jemaat Naripan mengikuti Pelayanan Masyarakat di mana kami mengunjungi Museum Budaya Kalimantan Tengah dan Bukit Doa Karmel. Malamnya (dan malam-malam berikutnya) diadakan Malam Ekspresi dan Malam Budaya yang menampilkan pertunjukan dari para peserta.


Danau Gaul

Hari ketiga, Kami mengikuti kelas kepahaman di Danau Gaul. Kepahaman tersebut di antaranya tentang Batu-batuan dan Pasir, Bantuan Hidup Dasar Advance, Sign Language, Morse, Radio, dan Penyelamatan Air. Hari keempat, kami diundang ke kantor Gubernur dan berpawai menuju Gereja Advent Palangka Raya. Sorenya, kami menyaksikan kebolehan dari beberapa kontingen dalam Fancy Drill, salah satunya adalah penampilan dari kontingen Jawa Barat. Dan sorenya, yang juga merupakan sesuatu yang unik dari Kampore kali ini, diadakan pemberkatan pernikahan dari pasangan Pembina dari Jawa Barat, yaitu MG. Randy Moal dan MG. Anita Theresia.

Fancy Drill Jabar

Hari kelima, yaitu hari Sabat, selain mengikuti kebaktian Sekolah Sabat dan Khotbah, juga diadakan baptisan kudus dan pelantikan kelas. Dan malamnya acara puncak yaitu Malam Budaya dan Penutupan. Malam itu, 4 orang dari utusan Naripan juga melakukan perjalanan pulang menuju Banjarmasin dan selanjutnya terbang menuju Jakarta. Sisanya, 12 orang menyusul keesokan harinya setelah semalam menginap di salah satu hotel di Palangka Raya.

Kami keenambelas untusan dari Jemaat Naripan sangat bersyukur bisa mengikuti acara ini dengan baik di mana acara ini juga semakin mendekatkan kami berenambelas. Kami sangat merasakan penyertaan Tuhan semenjak keberangkatan hingga kembali lagi ke Bandung dengan sukacita. Terima kasih untuk Jemaat Naripan yang sudah mendukung secara moril, materil, doa, tenaga, waktu dan semuanya. Semoga keberangkatan kami mengikuti acara ini tidak sia-sia, kami dapat melayani lebih lagi dengan apa yang kami dapat dari acara ini. Tuhan memberkati kita semua. PATHFINDER! Senyum aja.. :)

2 comments:

Anonymous said...

jangan lupa nonton video Trailer Camporee Palangkaraya disini

http://youtu.be/hp7hZQYLiJE

Anonymous said...

jangan lupa liat Video Trailer Camporee palangkaraya

http://youtu.be/hp7hZQYLiJE