Sunday, May 29, 2011

Jogja - Kota Orang Tua

Julukan buat kota Yogyakarta apa sih? Kota Gudeg kah? Kota Pelajar kah?

Kalo aku disuruh kasih julukan buat Jogja, aku mau kasih nama julukan: Jogja kota orang tua. Orang tua disini bukan maksudnya 'parents', tapi 'old people'. Kenapa aku kasih julukan ini?

Waktu ke Jogja kemaren, ada satu keunikan kota ini, aku melihat kebanyakan penjual souvenir, gudeg, nasi kucing, penjaga museum, penjaga toko (mirota batik), tukang becak, semuanya adalah orang-orang yang sudah tua. Mbah-mbah yang kurus, bongkok, kerutan dimana-mana, mereka menghiasi setiap sudut koya Yogyakarta.




Kalo kamu ke Bandung, kamu gak akan menemukan hal kayak begini. Di Bandung, yang masih usia produktif aja (20-40) banyak jadi peminta-minta di jalanan. Sedangkan yang sudah tua, entahlah dimana mereka.

Aku jadi penasaran, apakah ini ada hubungannya sama makanan? Maksudnya, apakah di Jogja, orang-orang tuanya masih pada bugar gara-gara kebiasaan makan mereka yang berbeda sama di Bandung? Tapi gak juga sih harusnya, di Bandung malah terkenal dengan lalapannya (sayuran mentah) yang sebenarnya lebih menyehatkan dari makanan Jogja yang banyak digoreng-goreng, kan? Ada yang tau jawaban misteri ini?

No comments: